Cara Mengatasi Karang Gigi

Masalah pada gigi sangat beragam, seperti gigi kuning, karang gigi dan bahkan gigi berlubang. Dalam informasi kali ini penulis akan menyampaikan informasi yang berkaitan dengan karang gigi. Karang gigi muncul dikarenakan beberapa faktor, seperti tidak menjaga kebersihan gigi, makan makanan yang bisa merusak gigi sampai makanan sisa yang tidak ikut dibersihkan saat Anda menggosok gigi. Akibatnya dari beberapa makanan sisa tersebut akan dicerna kuman kemudian menyebabkan karang gigi.

TIps kesehatan gigi

Sebenarnya karang gigi berasal dari plak dan zat kapur yang berada dalam air ludah. Plak terdiri dari perikel dan kuman. Karang gigi bisa berubah warna, mulai dari kuning, coklat, bahkan hitam sesuai dengan kebiasaan Anda, misalnya merokok, minum teh ataupun kopi.

Karang gigi menyebabkan gigi Anda lebih sensitif, gusi berdarah dan bahkan bau mulut. Karang pada gigi yang muncul di gigi bagian depan terkadang membuat seseorang malu, bagaimana tidak ? Mereka harus berbicara dan membuk mulut hingga terlihat karang gigi yang membuat mereka tidak nyaman. Apalagi jika karang gigi sampai menghitam dan menyebabkan bau mulut, pastinya hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Berikut kami sajikan tips untuk mengatasi karang gigi.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin menggosok gigi. Anda harus menyikat semua bagian gigi yang mungkin saja terdapat sisa makanan yang masih menempel. Anda juga bisa menggunakan obat kumur sebelum menggosok gigi untuk membersihkan plak pada gigi yang sulit dijangkau.
  2. Perhatikan sikat gigi yang Anda gunakan. Anda harus menggunakan bentuk sikat gigi yang bisa membersihkan semua sela-sela di gigi. Dan pilihlah pasta gigi yang cocok untuk gigi Anda.
  3. Penggunaan obat mulut bisa digunakan pada saat sebelum ataupun sesudah gosok gigi. Dengan demikian obat kumur berfungsi membantu menghilangkan plak pada gigi dan menghilangkan bakteri di mulut.
  4. Selain itu rajinlah mengkonsumsi buah-buahan terutama buah yang mengandung vitamin C, karena vitamin C membantu membersihkan gigi anda.
  5. Konsumsilah sayuran yang mengandung serat tingi yang berfungsi untuk membersihkan gigi.
  6. Hindarilah kebiasan buruk seperti merokok, mengkonsumsi teh dan kopi berlebih.
  7. Dan tips terkhir yang bisa harus Anda lakukan adalah periksa ke dokter gigi kurang lebih 6 bulan sekali untuk mendapatkan gigi bersih tanpa karang gigi. Jika anda pergi ke dokter gigi, Anda akan segera dibersihkan karang gigi yang menempel, namun pastikan Anda periksa di dokter ahli gigi yang bagus, karena kesalahan pada saat membersihkan karang gigi bisa merusak email gigi, bahkan bisa mengakibatkan gusi berdarah.

Demikian adalah beberapa cara untuk mengatasi karang gigi, sebelum Anda memiliki karang gigi akan lebih baik jika Anda menghindari hal-halyang memicu tibulnya karang gigi.

 

Cara Mengatasi Karang Gigi was last modified: November 17th, 2014 by Wahyu Dwi Candra
Advertisement

Gallery of Cara Mengatasi Karang Gigi

TIps kesehatan gigi