Mencari Bangkel Specialis Mobil Matic – Honda Jazz IDSI Endut-endutan

Cerita dulu 
Beberapa hari ini saya disibukan oleh mobil honda jazz IDSI matic yang mengalami endut-endutan (Brebet) saat di tanjakan yang memiliki trak panjang, Kalo nanjak curam tapi pendek tidak keluar penyakit endut-endutan si jazz ini. Sempet kuatir ini mobil bakal kena CVT nya yang konon katanya kalo barunya dari bengkel resmi honda harganya hingga 40jtan #Mewek :(( .

Oh iya awal mulanya endut-endutan ini keluar gara-gara salah ganti oli transmisi yang seharusnya pakai oli CVTF eh dikasih sama bengkelnya ATF nah lebih parahnya baru tau kalo pakai ATF itu setelah 10 hari ganti oli transmisi dan sudah jalan sekitar 700Km.

Akhirnya saya coba googleng sana kemari ubek-ubek ke kaskus juga emang impact dari salah oli ini sangat berbahaya hingga dapat menyebabkan matic jebol. Setelah tau gitu saya langsung buru-buru untuk cari bengkel agar dapat segera dikuras oli maticnya dan diganti dengan oli yang seharusnya CVTF.

Setelah kuras oli matic selesai saya minta sekalian di tune up dan ganti busi (8pcs) @20rb an 1 businya. Nah begitu selesai dah deg-degan aja sembuh tidak ni endut-endutanya… Taraaaa .. Setelah dicoba, Hufffd kagak ilang masih berasa endut-endutan.

Mencari bengkel matic daerah depok dan sekitarnya.

Berhubung saya rada takut ke beres (inget 40jt) saya mencari alternatif bengkel specialis matic di derah depok, Hmmm ketemulah salah satu bengkel di daerah pekapuran tapos Berkah Jaya Matic (BJM) dan langsung melunjur kesana tiba disana langsung ketemu si owner tapi selelah itu dilimpah ke montirnya.

Nah di bengkel tersebut sebetulnya saya sangat merasa kecewa dengan pelayananya karena tidak adanya komonikasi atau penjelasan kepada saya tentang apa yang mau dikerjakan main bungkar dan ternyata cuma di tune up aja dengan biaya Rp. 500.000 cuma bersihin coil sama filter bensin dan body valve serta katanya oli matic jazz saya masih merah ini masih ada sisa ATFnya yaudah saya minta di kuras ulang lagi dengan biaya Rp. 800.000 (kuras oli 2 galon). Oh iya padahal sudah saya jelaskan juga ini mobil habis tune up kemarin dan ganti busi kenapa kok di tune up lagi.

Setelah selesai tune up dan kuras oli, dicoba masih endut-endutan dalam hati saya yaialah kemarin kan dah di tune up dan diganti busi serta ganti oli juga masih muncul padahal juga dah saya jelaskan dari awal kalo ini mobil sudah saya tune up kemarin. Yang saya sayangkan kenapa itu montir tidak mau berkomunikasi sama saya dulu apa yang mau dikerjakan kan jadi saya kalo gini rugi waktu dan uang cuma buat tune up saja.

Akhirnya setelah itu saya pulang dan malanya saya mencoba BBMan saya bosnya eh langsung aja dibilang suruh ganti CVT ada copotan bekas harganya 6.5 jt beuhh.. Dalam hati saya terlalu dini deh untuk langsung fokus ke CVT karena berasanya endut-endutan juga engga disetiap kondisi dan tidak sering cuma pas nanjak panjang ajah.

Mencari second opini

Karena saya bukan tipekal percaya sama satu analisis saja apalagi analisnya juga tidak berdasarkan data cuma asal nebak aja akhirnya saya beranikan diri ke bengkel remi honda selang beberapa hari dari BJM. Diberes berangkat dari rumah jam 8 pagi sampe sana ternyata sudah rame dapat antrian no 23 . Singkat cerita hingga seharian diberes kelar dah tu proses general chek nya pas banget jam 4 sore selesai.

Nah si SA menjelaskan katanya ini sudah di chek semua sistem baik dari supplay BBM, Pengapian dll normal semua dan yang dicurigain adalah body valve nya sudah coba dibersihkan juga sama beres tapi tetep tidak sembuh harus ganti dengan biaya part Rp. 4.5 jt an harus pesan dulu.

Saya tanya saja apakah nanti kalo ganti body valve akan sembuh? Kata SAnya pasti akan sembuh kalo tidak sembuh tidak usah bayar pak. Wah saya langsung mikir-mikir mau ganti di beres atau diluar ya nyari copotan langsung saja bilang ok baik nanti saya kabari lagi aja pak hehehe..

Ketemu Bengkel Specialis Mobil Matic Yang Cocok

Karena di beres harganya cukup mahal 4.5 baru part aja belum PPN dan jasa, Saya putuskan cari bengkel specialis matic lagi untuk honda jazz IDSI saya ini. Coba nyari lewat google ketemulah bengkel di pasar minggu namanya ” Parno Matic” Nah langsung aja cuss kesana sampe sana langsung di cek sama pak parno dan orangnya bener-bener teliti banget sampe yang kecil-kecil diperhatikan.

Pak parno langsung coba naikin jazz saya dan selang beberapa saat ini langsung bilang ini dah pasti 100% body valve mas. Terus saya tanya berapa pak? 1.6jt mas sama pasang .. Aahhaa adem dah kantong saya 😀

Setelah diganti langsung di coba kembali. Taraaa langsung ilang dah itu penyakit mobil jazz endut-endutan. Setelah itu langsung di scan pakai komputer dari mesin, CVT, EPS dll.. Alhamdulillah semua normal. Oh iya hebatnya di parno matic ini disana ada alat scanya jadi tidak analisis asal-asalan.

Saya pribadi sangat merasa puas dengan pelayanan pak parno matic ini dan buat temen-temen bisa langsung cuss ke parno matic kalo mengalami kendala yang sama dengan saya.

 

Saya sangat bersyukur sekali tidak sampe ganti matic yang biayanya cukup menguras kantong. Sekedar saran buat temen-temen juga jangan percaya sama 1 bengkel sebaiknya selalu cari alternatif yah. Dah ah sampe disini dulu ya capek juga ni nulis .. Hihihihi

Mencari Bangkel Specialis Mobil Matic – Honda Jazz IDSI Endut-endutan was last modified: September 29th, 2015 by Wahyu Dwi Candra
Advertisement

Gallery of Mencari Bangkel Specialis Mobil Matic – Honda Jazz IDSI Endut-endutan

2001_Honda_Jazz_Engine_CVT